TAMAN BERMAIN CARNAVAL
RAMAH LINGKUNGAN

Makalah ini disusun untuk memenuhi Ujian Praktik 
mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok PI









Anggota Kelompok
 1.Felisa Padang.........................12-IPS3/11
2  Grace Vannesa...................12-IPS2/113
3. Kalea Julyeta ........... 12-IPS2/21.
4.Maria michaela ............. 12-IPS2/25








SMA SANTA MARIA SURABAYA
JL. RAYA DARMO 49 SURABAYA
TAHUN 2017
---------------------------------------------------------------------------------


KATA PENGANTAR


        Puji Tuhan kami haturkan kehadapan Allah atas selesainya makalah Ujian Praktik gabungan tiga mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok KWU. Makalah ini kami susun kerja bersama anggota TIM dengan tugas yang berbeda-beda. Penyelesain makalah memerlukan bimbingan dari berbagai pihak terutama kepada guru pembina. Karena itu kami menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada:
1. Bapak Ruslan, S.Kom, sebagai guru TIK telah membimbing penulisan program serta Flowcart      
    program yang dilampirakan.
2. Christina sumawarti spd..selaku guru Bahasa Indonesia telah membimbing 
    penulisan makalah Ujian Praktik  ini
3. Bapak drs. I Ketut Samudra,ST.,M.Pd. selaku guru Mulok KWU telah membimbing pembuatan 
    proyek maket  Taman Bermain Carnaval Ramah Lingkungan.
Makalah ini masih jauh dari sempurna sehingga perlu masukan yang membangun dari pembaca dan pembina. Sehingga nanti menjadi makalah yang berkualitas dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan.



























DAFTAR ISI

HalamanSampul.................................................................................................................   i
KataPengantar    ................................................................................................................  ii
DaftarIsi             ...............................................................................................................  iii
BAB I: PENDAHULUAN
A.LatarBelakang  .............................................................................................................   1
B.RumusanMasalah ..........................................................................................................  1
C.Tujuan dan Manfaat ......................................................................................................  1
D.Batasan Istilah................................................................................................................ 1
BAB II : KAJIAN PUSTAKA
A.Taman Bermain ………………………………………………………………………. 2
B.Karnival………………………………………………………………………………...2
C.Toko…………………………………………………………………………………….2
BAB III : PERENCANAAN PEMBUATAN PROYEK
A. TAMAN BERMAIN CARNAVAL RAMAH LINGKUNGAN ……………………..3
BAB IV : ANALISIS DATA PROYEK
A. Spesifikasi Maket ……………………………………………………………………..4
B. Kinerja Proyek…………………………………………………………………………4
C. Flowcart Program………………………………………………………………………4
D. Lampiran Program TurboC++ Versi Arduino………………………………………….4

BAB V : KESIMPULAN

















BAB I 
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
         Sekarang ini banyak taman bermain yang bertebaran disetiap daerah baik kota – kota besar hingga kota – kota kecil,tetapi kendala yang terjadi adalah setiap masyarakat memiliki kondisi ekonomi yang berbeda – beda.Selain itu,kebersihan yang ada juga diragukan, membuat para orang tua takut untuk mengajak anak – anaknya pergi ke tempat bermain sehingga setiap anak tidak dapat merasakan kebahagiaan  yang melengkapi hari – harinya seperti anak – anak lain pada umumnya.(Kenyataan)    
Setiap anak –anak berhak untuk memiliki  kebahagiaan untuk membuat pengalaman hidupnya lebih berwarna lagi tanpa adanya suatu kendala apapun.Sehingga pada saat anak –anak tersebut bermain orang tua pun tidak perlu merasa takut harus mengeluarkan biaya yang banyak ataupun merasa takut tempat bermain itu kotor dan banyak menimbulkan penyakit .(Harapan)
         Berdasarkan kenyataan dan harapan di atas penulis mencoba merancang proyek pembuatan Taman bermain carnaval ramah lingkungan.sehingga pemakaian listriknya lebih efisien serta tepat sasaran. Orang tua dapat membahagiakan anaknya tanpa harus mengeluarkan biaya yang sangat banyak dan juga disamping itu tidak khawatir dengan fasilitas yang ada karena bersih,aman dan nyaman.(Solusi)
B. Rumusan Masalah
         Rumusan masalah secara umum adalah:
"Bagaimana merancang Taman Bermain Carnaval Ramah Lingkungan, disamping itu meminimalkan biaya yang dikeluarkan?"
Rumusan umum di atas diuraikan menjadi beberapa masalah secara khusus:
1. Bagaimana bentuk Taman bermain Carnaval berupa maket?
2. Bagaimana merancang perabotan terutama kelistrikkanya?
3. Bagaimana sistem pengendalian taman bermain tersebut dengan sistem komputer?

C. Tujuan dan Manfaat
1. Tujuan: Membangun bentuk maket Taman Bermain Carnaval Ramah Lingkungsn tetapi hemat biaya.

2, Manfaat: Taman Bermain Carnaval Ramah Lingkungan berupa maket dapat menjadi contoh untuk mengatasi kendala ekonomi dan ketakutan para orang tua.

D. Batasan Istilah

 Taman bermain carnival adalah taman yang dibuat untuk menghibur anak – anak kecil, serta menjadikan taman tersebut jawaban dari permasalahan masyarakat sekarang.








BAB II
KAJIAN PUSTAKA


A.   Taman Bermain
            Taman bermain anak adalah taman yang dirancang bagi anak-anak untuk melakukan aktivitas bermain dengan bebas untuk memperoleh keriangan, kesenangan, dan kegembiraan serta sebagai sarana mengembangkan kemampuan kognitif, sosial, fisik serta kemampuan emosinya. Biasanya taman hiburan memiliki sejumlah wahana permainan yang berbeda-beda serta terdapat toko, restoran dan gerai hiburan lainnya. Taman bermain dapat dinikmati oleh kaum tua maupun kaum muda.

B.    Karnival
      Sebuah sirkus adalah sekelompok orang yang berkelana untuk menghibur penonton dengan atraksi akrobatbadutbinatang terlatih, aksi trapezeberjalan di atas talijugglingsepeda roda satu, dan hiburan-hiburan lainnya. Kata ini juga mendeskripsikan kegiatan yang mereka lakukan, yang biasanya merupakan atraksi atau aksi-aksi yang dipadukan dengan musik atau efek suara lainnya.  

C.    Toko
     Toko atau kedai adalah sebuah tempat tertutup yang di dalamnya terjadi kegiatan perdagangan jenis benda atau barang yang khusus, misalnya toko buku, toko buah, dan sebagainya. Secara fungsi ekonomi, istilah "toko" sesungguhnya hampir sama dengan "kedai" atau "warung". Akan tetapi pada perkembangan istilah, kedai dan warung cenderung bersifat tradisional dan sederhana, dan warung umumnya dikaitkan dengan tempat penjualan makanan dan minuman. Secara bangunan fisik, toko lebih terkesan mewah dan modern dalam arsitektur bangunannya daripada warung.















BAB III
PERENCANAAN PEMBUATAN PROYEK
A. TAMAN BERMAIN CARNAVAL RAMAH LINGKUNGAN
          Taman masih berupa maket yaitu model terdiri dari 5 bagian.Bagian 1 sebagai tempat permainan komedi putar, spot untuk berfoto.
       Bagian 2 sebagai tempat mencari makan,tempat ini berguna sebagai pelengkap dari taman bermain ini .
           Bagian 3 sebagai tempat permainan mandi bola yang berbentuk persegi dan diberi jaring setiap sisinya.
          Bagian 4 sebagai tempat bermain prusutan yang tidak seberapa tinggi yang disesuaikan dengan tinggi anak-anak.
          Bagian 5 yaitu tempat pengendali mesin,dimana untuk menaruh mesin sekaligus tempat mesin itu dikendalikan.
B. Alat dan Bahan
1. Mekanik Proyek
    a.Triplek, Karton
    b.Lem,gunting,isolasi 
    c.Assesoris
    d. Rumput mainan
2. Elektronika
   a. Mikrokontroller Arduino
   b. Led dan Resistor
   c. Sensor dan solder
   d. Kabel, timah solder


C. Bog Diagram Proyek
   Gambar diagram blok antara komponen-komponen proyek termasuk rangkaian elektronika
kelistrikannya. Atau foto maket atau proyek




D. Cara Kerja Proyek Umum
            Pada saat malam hari, lampu untuk penerangan secara otomatis akan menyala. Lampu dapat mendeteksi gelap, jika hari mulai gelap maka secara otomatis lampu akan menyala. Di sekitar spot mainan terdapat lampu yang dapat berubah warna.





BAB IV
 ANALISIS DATA PROYEK


A. Spesifikasi Maket 
 Luas area : 90x90 cm
       Luas perbagian:
         Bagian 1: 10x15 cm
         Bagian 2:10x10 cm
         Bagian 3:10x8 cm
         Bagian 4:10x15 cm
         Bagian 5:20x10 cm

Spesifikasi Bahan
      Alas Triplek 90x90 cm tebal 0,5 cm

Spesifikasi Alat Listrik
      Mikontroller Type Atmega328
      Lampu LED, 1/4 watt, 2 volt
      Resistor Gip 1/2 watt nilai 220 Ohm
      Kabel nja engkel ukuran kecil serabut (warna merah, hitam, biru, kuning dan hijau)
      Timah ukuran 40x60

B. Kinerja Proyek
Kelebihan Proyek
   Kelebihan dari proyek ini adalah sistem penerangan lampu dilengkapi oleh penerangan yang menggunakan telknologi yang canggih.Dia akan mendeteksi kapan harus menyala dengan demikian penerangan lampu tidak harus menggunakan tenaga manusia dan menghemat biaya baik untuk pembayaran pegawai ataupun pembayaran listrik.
C. Flowcart Program



D. Lampiran Program TurboC++ Versi Arduino
    Tuliskan program C++ yang diupload ke memori chip Arduino  dan penjelasaan program dibelakang tanda //
  
void setup()
{
   // menjadikan PIN 4 dan PIN 3 sebagai OUTPUT
   pinMode(7, OUTPUT);
   pinMode(6, OUTPUT);

   pinMode(5, OUTPUT);
   pinMode(4, OUTPUT);
   pinMode(3, OUTPUT);

}

void loop()
{
   // Menyalakan PIN 7 (HIGH = Memberi tegangan pada PIN 7)
   // Mematikan PIN 6 (LOW = Tidak Memberi tegangan pada PIN 6)
   // Menyalakan PIN 5 (HIGH = Memberi tegangan pada PIN 5)
   // Mematikan PIN 4 (LOW = Tidak Memberi tegangan pada PIN 4)
  // Menyalakan PIN 3 (HIGH = Memberi tegangan pada PIN 3)
   digitalWrite(7,LOW);
   digitalWrite(6, HIGH);
   digitalWrite(5,LOW);
   digitalWrite(4, HIGH);
   digitalWrite(3,LOW);
   // Pause selama 1 detik
   delay(1000);

   // Menyalakan PIN 7 (HIGH = Memberi tegangan pada PIN 7)
   // Mematikan PIN 6 (LOW = Tidak Memberi tegangan pada PIN 6)
   // Menyalakan PIN 5(HIGH = Memberi tegangan pada PIN 5)
   // Mematikan PIN 4 (LOW = Tidak Memberi tegangan pada PIN 4)
   // Menyalakan PIN 3 (HIGH = Memberi tegangan pada PIN 3)
  
   digitalWrite(7,HIGH);
   digitalWrite(6, LOW);
   digitalWrite(5,HIGH);
   digitalWrite(4, LOW);
   digitalWrite(3,HIGH);
   // Pause selama 1 detik
   delay(1000);
}











BAB V
KESIMPULAN

1. Kesimpulan
Dari hasil pembahasan tentang perencanaan maket Carnival ini,maka diambil kesimpulan bahwa carnival ini mempermudah masyarakat menikmati taman bermain dengan ramah lingkungan. Tanpa membutuhkan listrik yang banyak. Dengan rangkaian listrik ini,pemakaian listriknya lebih efisien sesuai dengan kebutuhan nya.selain itu,Diharapkan maket ini dapat menjadi insipirasi bagi masyarakat untuk membangun suatu taman bermain yang efektif 
Dan ramah lingkungan. 


2. Saran : 
  1. Diharapkan Ujian Praktek selanjutnya dapat didampingi dengan Guru pengajar agar hasil yang didapat memuaskan.
  2. Diharapkan Ujian Praktek berikutnya dapat lebih mudah lagi 




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini